Sabtu, 28 September 2013
Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Benar
Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Benar
Artikel Terkait :

Girls, Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dengan langkah-langkah yang benar bisa membuat bakteri di tangan berkurang lebih banyak dibanding jika kita mencuci tangan pakai sabun secara asal-asalan, lho.

Saat konferensi pers dalam rangka Hari Cuci Tangan Sedunia, Dr. Wani Devita Gunardi, SpMK, ahli mikrobiologi dari Eka Hospital mengatakan bahwa dengan CTPS bisa mencegah resiko terkena diare dan penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas). Selain itu, CTPS juga menghilangkan 92% organisme (penyebab penyakit infeksi) di tangan.CTPS bisa mencegah resiko terkena diare dan penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas). Selain itu, CTPS juga menghilangkan 92% organisme (penyebab penyakit infeksi) di tangan. Nah, CTPS yang baik dan benar menurut standar WHO ada langkah-langkahnya, lho...

1. Membasahi kedua tangan dengan air mengalir
2. Memberi sabun secukupnya
3. Menggosokkan sabun ke kedua telapak dan punggung tangan
4. Menggosok sela-sela jari kedua tangan
5. Menggosok kedua telapak tangan dengan jari-jari yang saling bertautan
6. Merapatkan jari-jari tangan kanan sambil digosok ke telapak tangan kiri dan sebaliknya
7. Menggosok ibu jari secara berputar dalam genggaman tangan
8. Menggosokkan kuku jari tangan kanan memutar ke telapak tangan kiri dan sebaliknya
9. Membasuh tangan dengan air
10.Mengeringkan tangan dengan handuk atau tisu
11.Mematikan kran air dengan handuk atau tisu agar tangan kita yang sudah bersih tidak perlu bersentuhan langsung dengan kran air yang mengandung bakteri dan kuman
Nah, sekarang tangan kita sudah bersih!

Setelah kita mencuci tangan memakai sabun, tangan kita harus dalam keadaan benar-benar kering. Jika tidak, maka bakteri-bakteri jahat masih bisa hidup di tangan karena mereka menyukai tempat yang lembab.

Oh, ya… Pada hari Sabtu, 28 September 2013 diadakan pemecahan rekor Muri kategori Cuci Tangan Pakai Sabun Siswa SD Terbanyak. Pemecahan rekor MURI tersebut melibatkan lebih dari 13.000 siswa SD dari 300 Sekolah Dasar se-Jabodetabek, lho.

Teks: Dita/GIRLs. Ilustrasi: Larasputri/GIRLS

Copyright © Girls, All Rights Reserved 2012.
logoKG