Kamis, 07 November 2013
Hiu, Mamalia atau Ikan?
Hiu, Mamalia atau Ikan?
Artikel Terkait :

Apakah hiu termasuk mamalia laut seperti paus dan lumba-lumba?

Hiu merupakan salah satu hewan laut yang memiliki ukuran tubuh relatif besar, seperti halnya lumba-lumba dan paus.Namun demikian, ternyata hiu tidak termasuk mamalia laut, lho. Lumba-lumba dan paus dikategorikan sebagai mamalia laut karena kedua hewan ini memiliki ciri-ciri berdarah panas, mempunyai kelenjar susu, berkembang biak dengan cara melahirkan, menyusui anaknya dan bernafas menggunakan paru-paru.

Sebagian besar hiu berkembang biak dengan cara bertelur. Namun, ada juga jenis hiu yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Meski demikian, hiu tidak dapat dikategorikan sebagai mamalia laut karena tubuhnya memiliki ciri-ciri berdarah dingin, tidak memiliki kelenjar susu dan bernafas menggunakan insang sepeti hanya ikan. Hiu memiliki 5 insang untuk dapat bernafas di dalam air.

Oh ya, hiu merupakan hewan laut yang dilindungi, lho. Itu karena hiu sering ditangkap manusia untuk diambil siripnya. Hal itu tentu membuat spesies hiu menjadi terancam punah. Nah, untuk mengetahui seluk beluk tentang hiu dan perlindungan terhadap hiu, simak rubrik Jendela halaman 42 majalah GIRLS edisi 7, yang terbit kemarin hari Rabu tanggal 6 November 2013, ya!

Teks : Wulan/GIRLS

Copyright © Girls, All Rights Reserved 2014.
logoKG