Jumat, 31 Mei 2013
Baju Astronot
Baju Astronot
Artikel Terkait :

Mengapa seorang astronot harus memakai baju khusus saat bertugas di luar angkasa?

Seorang astronot yang bertugas di angkasa luar harus memakai pakaian khusus untuk melindungi tubuh dari lingkungan sekitar yang keadaannya berbeda drastis dengan keadaan di Bumi. Misalnya suhu  ekstrim, pancaran sinar matahari langsung, kosmik, serta mikro meteoroid.

Lapisan luar pakaian astronot biasanya dibuat dari bahan bernama aluminized mylar, teflon, kevl ar dan nomex , yang berfungsi sebagai penyekat panas dan pelindung dari meteoroid. Ada juga lapisan dracon  yang berguna menyimpan oksigen di dalam pakaian. Bagian dalam pakaian astronot dibuat berpori dan berpenyejuk cair yang terbuat dari bahan bernama tricot  dan spandex . Fungsinya, agar astronot dapat bertahan di lingkungan bersuhu  120 derajat celcius di bawah pancaran sinar matahari langsung, hingga pada suhu -150 derajat celcius di tempat yang tidak terkena sinar matahari.

Pakaian astronot juga dilengkapi dengan alat-alat berupa radio komunikasi, sistem peringatan bahaya, tabung oksigen utama dan cadangan, penyimpanan hidroksida lithium, kantung air, baterai, kipas dan motor penggerak yang berfungsi mengalirkan oksigen ke helm dan menghalau karbondioksida dari hembusan nafas yang dikeluarkan.

Teks : Wulan/GIRLS. Ilustrasi: Dok. Majalah GIRLS

Copyright © Girls, All Rights Reserved 2012.
logoKG