Home - Cerdas - Berbagi Pengetahuan
Senin, 02 Juli 2012
Mengenal Sayuran Organik
Mengenal Sayuran Organik
Artikel Terkait :

Kita semua tahu sayuran itu menyehatkan. Terlebih, jika sayuran yang kita makan itu adalah sayuran organik. Lho, memang seperti apa, sih, sayuran organik? Apa bedanya dengan sayuran biasa? Hmm... semua yang ingin kita ketahui tentang sayuran organik ada di bawah ini!  

Organik artinya organisme hidup. Jadi, sayuran organik berarti sayuran yang semuanya berasal dari organisme hidup. Contohnya saja, pupuk yang digunakan untuk menanam adalah pupuk kompos yang berasal dari dedaunan yang membusuk. Oleh karena itu, proses penanaman sayuran organik ini bebas dari bahan kimia. Semuanya betul-betul berasal dari alam.

Tampilan sayuran organik tidak terlalu menarik dibandingkan sayuran biasa. Sayuran organik biasanya banyak berlubang akibat dimakan oleh ulat dan serangga. Maklum, sayuran organik tidak memakai pestisida, insektisida, herbisida, maupun racun pembasmi hama lainnya, yang juga berbahaya buat kesehatan kita.

Harga sayuran organik lebih mahal dibandingkan sayuran biasa. Sebab, proses penanamannya lebih rumit dan memerlukan waktu serta tenaga yang lebih banyak.

Kandungan vitamin dan mineralnya juga lebih banyak daripada sayuran biasa. Contohnya, satu buah tomat organik kandungan kalsiumnya 23 mg, sedangkan tomat biasa cuma 5 mg.

Ciri fisik sayuran organik antara lain bentuk daun dan batangnya tebal, kemudian warnanya cerah. Lalu, ada label atau sertifikat yang menandakan bahwa sayuran itu betul-betul organik.

Teks : Db/GIRLS. Ilustrasi : Bondhan/GIRLS

Copyright © Girls, All Rights Reserved 2014.
logoKG