Home - Cerdas - Berbagi Pengetahuan
Selasa, 29 Januari 2013
Mata Gatal dan Merah

Mata yang gatal bisa jadi awal mula dari sakit mata atau mata merah. Sebelum gatal ini menjadi iritasi yang mengakibatkan sakit mata kita bisa melakukan beberapa hal untuk mencegahnya, lho!

Mata yang terasa gatal bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya iritasi ringan (seperti kena shampoo, asap, dan debu), alergi (seperti alergi terhadap debu dan lensa kontak), atau bisa pula karena infeksi mata (seperti kena virus dan bakteri). Nah, bila mata kita terasa gatal, sebaiknya jangan kita kucek. Sebab, jika kebetulan tangan kita kotor, bukannya sembuh, mata malah bisa kena infeksi.

   Mata merah yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri dapat menular dari satu orang ke orang lain. Biasanya, mata merah akan disertai dengan mata berair, rasa gatal, kotoran mata bertambah, dan tidak jarang pula disertai berkurangnya penglihatan.

   Penanganan mata merah harus berdasarkan pada penyebabnya. Jika penyebabnya adalah iritasi ringan, kita dapat mengalirkan cairan pembersih mata yang steril beberapa kali ke mata. Sebagai pencegahan, lindungi mata dari debu dan bahan iritatif lain, hati-hati jika menggunakan make-up, dan jika mata merah segera lepaskan lensa kontak (kalau kita memakai lensa kontak). Nah, jika mata kita masih bermasalah, segeralah periksa ke dokter mata terdekat.

Teks : Majalah GIRLS. Ilustrasi :Yul C

Copyright © Girls, All Rights Reserved 2014.
logoKG