Kamis, 02 Mei 2013
Manfaat Menabung
Manfaat Menabung
Artikel Terkait :

Girls,setiap hari orangtua memberi kita uang saku. Ada yang harian, mingguan, atau bulanan. Nah, ada baiknya uang tersebut tidak kita habiskan melainkan disisihkan untuk ditabung. Kegiatan menabung banyak sekali manfaatnya, lho!

Menghargai nilai uang

Mendapatkan uang bukanlah hal yang mudah. Orangtua kita bekerja keras untuk mendapatkannya.Dengan tidak menghabiskan uang atau tidak hidup boros, berarti kita ikut menghargai usaha dan kerja keras yang dilakukan ayah dan ibu kita.

Belajar mengelola uang dan hidup hemat

Jika kita mampu menyisihkan uang untuk ditabung, artinya kita sudah bisa mengelola uang. Kita jadi bisa belajar membuat prioritas, apa saja yang perlu kita beli dengan uang yang kita miliki. Pasti kita tidak akan jajan sembarangan jika memiliki tujuan menabung.

Membeli barang impian

Pasti kita memiliki barang impian yang ingin dibeli, misalnya sepeda, sepatu, mainan, atau buku koleksi. Nah, terkadang barang-barang itu harganya mahal sedangkan orangtua tidak memberikan uang saku lebih. Salah satu cara untuk mendapatkan barang itu adalah dengan menabung terlebih dahulu. Selain merasa senang karena bisa membeli barang impian, kita juga merasa lebih bangga bisa membelinya dengan uang hasil tabungan sendiri.

Ada banyak cara untuk menabung. Kita bisa menabung di sekolah, di celengan di rumah, menitipkan uang ke orangtua atau menabung di bank. Sst, berdasarkan survei Indonesia Hottest Insight (IHI), sebanyak 72% anak Indonesia sudah menabung, lho! Lebih lanjut lagi, survei yang dilakukan oleh Kompas Gramedia Majalah yang melibatkan 3.000 pembaca anak di 9 kota besar di Indonesia ini menyebutkan bahwa 51% anak menabung di sekolah, 35% menabung di rumah, dan hanya 7% yang menabung di bank.

Hmm, hanya sedikit yang menabung di bank, ya. Ternyata berdasarkan survei IHI tersebut, 56% anak di Indonesia tidak menabung di bank karena tidak tahu caranya. Sedangkan 34% anak-anak beralasan tidak menabung di bank karena letaknya jauh. Bagaimana denganmu, girls?

Teks & Foto:Nika/GIRLS

Copyright © Girls, All Rights Reserved 2012.
logoKG