Home - Cerdas - Berbagi Pengetahuan
Minggu, 17 Maret 2013
Dada Terasa Sakit
Dada Terasa Sakit
Artikel Terkait :

Pernahkah kamu sering sakit perut, terutama, ketika kelelahan? Saat itu dada dan jantung juga terkadang tiba-tiba sakit. Bagaimana cara penanganannya?

Setelah beraktivitas, apalagi aktivitas fisik yang berat, seringkali otot kita akan terasa pegal atau sakit. Oleh karena itu, sebelum beraktivitas fisik yang berat, sebaiknya kita melakukan pemanasan terlebih dahulu agar otot tidak harus bekerja ekstra mendadak. 

Saat kita beraktivitas fisik, jantung kita akan bekerja lebih keras, yaitu  memompa darah lebih cepat agar sampai ke seluruh tubuh yang memerlukan oksigen maupun energi. Nah, meningkatnya kerja jantung ini dapat dirasakan dengan meningkatnya frekuensi denyut nadi dan detak jantung kita. Kadang jantung terasa berdetak kencang dan cepat. Perut pun kadang terasa sakit. Bila hal ini sampai terjadi, cobalah istirahat sejenak, tenangkan diri, dan atur nafas agar teratur. Hindari pula aktivitas yang terlalu melelahkanmu. Bila semua itu hanya sesekali terjadi dan tidak menyebabkan rasa sakit pada dada yang disertai sesak nafas, masih dapat dikatakan wajar. Namun, jika hal itu sering mengganggumu, apalagi jika disertai sesak nafas, sebaiknya periksakan dirimu ke dokter terdekat.

Teks: Majalah GIRLS. Ilustrasi: Yul C/GIRLS

Copyright © Majalah Girls, All Rights Reserved 2014.
logoKG